Plus Minus: Game KONSOL Dan PC

Bagi para gamers-sebutan untuk penggemar game, pastinya sudah tidak asing lagi dengan dua perangkat paling populer ini, game KONSOL dan PC (Komputer). Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing?


Perkembangan teknologi membawa banyak dampak terhadap kehidupan manusia baik positif maupun negatif. Dampak negatifnya adalah dengan semakin berkembangnya teknologi, tuntuan hidup manusia semakin banyak. Termasuk tuntutan dalam pekerjaan. Peta persaingan dalam dunia bisnis semakin ramai, sehingga membuat para pekerja semakin mendapat banyak tekanan dari perusahaan untuk bekerja lebih keras lagi.

Hal tersebut membuat tingkat kelelahan dan kejenuhan manusia semakin tinggi. Untuk mengatasinya manusia membutuhkan hiburan. Sedangkan waktu dan tenaga yang ada untuk sekedar berlibur pun terasa kurang.

Untuk mengatasinya teknologi mempunyai solusi tersebut. Adalah game atau permainan.

Saat waktu dan tenaga tidak mendukung untuk menyegarkan pikiran, game menjadi solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Cukup bersantai dirumah saja, dengan modal minuman dan makanan ringan sudah cukup untuk mengurangi penat yang timbul selama sepekan bekerja.

Selain itu, saat ini sudah banyak penggemar game yang menjadikan hobinya tersebut menjadi pekerjaan tetap. Pundi-pundi yang mereka raup bahkan melebihi gaji tetap karyawan selama sebulan. Menyenangkan bukan?

 Diantara banyak penyedia layanan game, ada dua perangkat yang paling digandrungi oleh para gamers. Keduanya pun telah memiliki basis penggemar yang besar. Dua perangkat tersebut adalah game KONSOL dan PC.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dua perangkat tersebut?

Game Konsol vs Game PC
Game Konsol vs Game PC

HARGA


KONSOL
PC


+
Dengan satu biaya, para gamers sudah mendapatkan satu set perangkat permainan game KONSOL. Mulai dari mesin hingga joystick yang inovatif.
Memang perangkat PC memiliki harga yang sangat tinggi, namun dengan fungsi-fungsi yang tersemat di dalamnya tersebut sangat menguntungkan bagi para gamers yang tidak hanya ingin sekedar bermain game.



-


Game KONSOL membutuhkan beberapa perangkat pendukung yang sangat spesifik. Sehingga membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong para gamers.
Dengan harga yang cukup mahal membuat banyak gamers yang harus gigit jari untuk bermimpi dapat bermain games di perangkat PC. Meskipun sudah banyak ditemukan penyedia layanan game online, tetap saja memakan biaya, waktu dan tenaga para gamers.

SPESIFIKASI



KONSOL
PC



 +


Mesin game KONSOL tidak membutuhkan upgrade untuk dapat memainkan permainan terbaru karena spesifikasi game KONSOL telah diatur sedemikian rupa. Sehingga para pengembang games harus memenuhi spesifikasi tersebut dalam merancang games yang hendak mereka ciptakan.
Para gamers dengan bebas mengatur spesifikasi perangkat PC mereka. Sehingga games dengan spesifikasi sebesar apapun dapat mereka mainkan dengan nyaman tanpa sedikitpun lag yang timbul.



-


Game KONSOL tidak memungkinkan para gamers untuk meng upgrade spesifikasi perangkat mereka jika ingin memainkan permainan terbaru dengan grafik yang lebih baik. Satu-satunya cara adalah dengan membeli perangkat game KONSOL terbaru.
Para gamers yang memiliki PC dengan spesifikasi minim dipastikan akan mengalami banyak masalah dalam memainkan games dengan spesifikasi yang tinggi.

PERMAINAN



KONSOL
PC


 +


Game KONSOL memiliki beberapa game eksklusif yang menjadi favorit para gamers. Selain itu beberapa games tertentu lebih menarik dimainkan di KONSOL ketimbang pesaingnya. Salah satunya adalah game sepakbola "FIFA."
Jenis permainan yang disajikan oleh PC lebih bervariasi. Banyak games diciptakan khusus untuk perangkat PC. Bahkan permainan yang diciptakan oleh perangkat pesaing dapat dimainkan di perangkat PC.




-

Versi terdahulu sebuah game tidak bisa dimainkan di KONSOL terbaru. Hal tersebut sering disayangkan oleh para gamers. Padahal banyak sekali games lawas yang menjadi favorit para gamers. Salah satu games tersebut adalah "Harvest Moon."
Meskipun memiliki banyak jenis permainan namun ada beberapa permainan yang tidak nyaman dimainkan di perangkat PC. Terutama permainan yang menggunakan joystick. Meskipun sudah ada perangkat joystick yang dapat disematkan di perangkat PC, namun tetap saja para gamers merasa perangkat pesaing masih lebih unggul.

TEKNIS



KONSOL
PC



 +


Ketimbang pesaingnya, game KONSOL jarang sekali mengalami kesalahan teknis. Kalaupun ada, beberapa kesalahan teknis tersebut biasanya masih bisa dimaklumi, seperti mesin, joystick atau perangkat game yang telah uzur.
Dalam hal teknis, PC lebih unggul dari pesaingnya. Spesifikasi yang tidak terbatas membuat para pengembang games lebih mengeksplor produk ciptaan mereka. Grafik, teknis dan detail lebih mereka utamakan dalam perangkat PC ketimbang pesaingnya.



-



Game KONSOL membutuhkan perangkat lain sebagai pendukung teknis mereka. Perangkat tersebut adalah TV. Dalam pemilihan TV pun tidak sembarangan karena spesifikasi TV tersebut harus seusai dengan grafik yang telah di tentukan oleh KONSOL. Kurang atau bahkan lebih membuat grafik tidak sempurna.
Seringnya lag yang timbul dari game PC diakibatkan oleh beberapa hal. Mulai dari jaringan yang terputus dalam game online, spesifikasi yang tidak mendukung, maupun kesalahan teknis dari pengembang game, seperti update atau installer yang error.

PENGATURAN



KONSOL
PC


 +

Pengaturan yang disajikan oleh game KONSOL sangatlah mudah. Hanya dalam hitungan detik dan beberapa langkah saja, para gamers sudah dapat memainkan game favorit mereka.
Pengaturan dalam sebuah game PC sangat terperinci. Sehingga sebuah kesalahan teknis dapat dengan mudah ditemukan meskipun membutuhkan proses yang cukup rumit.


-

Salah satu kekecewaan para gamers terhadap game KONSOL adalah pengaturan game online. Mereka sering kali mengeluhkan sulitnya menghubungkan jaringan online.
Hal yang paling dibenci oleh para gamers, download dan install. Selain itu para gamers terutama yang kurang paham dalam seluk beluk sebuah PC seringkali dipusingkan dengan pesan error yang muncul dalam sebuah permainan.

 

KESIMPULAN


Teknologi adalah ciptaan manusia. Sehingga kelebihan dan kekurangan setiap produk tersebut pasti ada.

Meskipun terdapat kelebihan dan kekurangan, baik itu perangkat game KONSOL maupun PC memiliki tempat di hati masing-masing penggemar.

Namun tidak jarang beberapa sumber kami mengaku bahwa mereka adalah penggemar salah satu dari dua perangkat game tersebut namun masih mengagumi perangkat game lainnya.

Related Posts

No comments:

Post a Comment