Favorit: ROCK Atau POP?

Ada banyak genre musik yang pernah diciptakan oleh para pemusik/musisi di seluruh dunia. Diantara beberapa genre tersebut, team-loox akan membahas dua genre paling digandrungi oleh penikmat musik sepanjang masa, yaitu ROCK dan POP.


Siapa yang tidak pernah mendengarkan musik? Semua manusia pasti pernah mendengarkan musik. Dimanapun dan kapanpun musik selalu terngiang di telinga mereka. Perlu diketahui, musik itu bukan cuma lagu yang mengandung lirik dan dinyanyikan oleh penyanyinya. Suara kita mengetuk meja, suara klakson kendaraan bermotor bahkan suara langkah kaki kita bisa disebut sebagai musik.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinam-bungan.
Belum diketahui secara pasti sejak kapan musik ditemukan. Namun beberapa para ahli sejarah  menyatakan bahwa musik sudah ada sejak zaman purbakala.

Musik yang team-loox bahas kali ini adalah musik di zaman modern. Setelah merangkum hasil survey sumber kami, akhirnya kami mendapati dua genre musik yang paling digemari. Yaitu ROCK dan POP.

Lantas, apa saja faktor-faktor yang membuat mereka menggemari dua genre musik paling populer ini? Berikut ini team-loox sajikan untuk anda.

Rock vs Pop
Rock vs Pop

KEPRIBADIAN


Pecinta musik ROCK memiliki karakter yang keras, bebas dan punya pendirian yang kuat. Sama halnya dengan musik ROCK sendiri. Meskipun sekarang ini mulai banyak lagu-lagu ROCK yang mengadopsi tentang masalah percintaan, namun pada umumnya musik ROCK sendiri terinspirasi dari kehidupan sehari-hari di sekitar mereka. Mulai dari peperangan, ketidak adilan, politik dan lain-lainya. Oleh sebab itu, anggapan orang bahwa pecinta musik ROCK itu menjurus ke kriminalitas tidak sepenuhnya benar. Mereka juga memiliki sisi baik, beberapa diantaranya adalah jiwa sosial dan kepedulian yang tinggi.

Musik POP adalah musik yang ringan atau biasa dikenal dengan istilah easy listening. Itulah yang membuat orang dengan kepribadian yang melankolis menyukai musik POP. Mereka adalah tipe orang yang romantis, simpel, sensitif dan cenderung egois. Hal itu lah yang mendukung mereka mencintai musik POP. Liriknya sederhana, melodinya nyaman di telinga dan komposisi musiknya yang ringan cukup membuat mereka jatuh hati terhadap musik POP.


PASSION


Biasanya, penggemar musik ROCK memiliki passion yang besar terhadap musik, terutama musik ROCK itu sendiri. Mereka juga memiliki rasa kepedulian terhadap ketidak adilan serta kesulitan yang dialami oleh orang di sekitar mereka. Inspirasi itu mungkin muncul di sebabkan oleh lagu-lagu ROCK yang mereka dengarkan. Bisa jadi lirik sosial dan musik energiknya menggugah hati nurani mereka untuk bergerak membuat sesuatu yang berguna sesuai dengan passion yang mereka miliki.

Berbicara soal passion, penggemar musik POP juga memiliki passion di bidang musik. Mereka adalah tipe orang yang kreatif dan penuh dengan ide-ide cemerlang untuk diterapkan dalam keseharian mereka. Tak hanya dibidang musik saja, misalnya di pekerjaan, percintaan, atau pertemanan mereka selalu memiliki passion yang tinggi dan selalu terinspirasi dari lagu-lagu POP yang mereka idolai.

INFLUENCE


Selain karakter dan passion yang mereka miliki, faktor lain mengapa mereka memilih musik ROCK sebagai favorit mereka adalah karena terinspirasi dari idola mereka. Salah satu informasi yang kami dapatkan dari seorang sumber, alasan ia memilih musik ROCK sebagi favoritnya adalah karena ia mengagumi sosok seorang vokalis band ROCK legendaris yaitu John Bon Jovi. Sementara sumber kami yang lain beralasan mereka mengagumi sosok rocker idola mereka karena berbagai alasan. Kebanyakan diantaranya adalah karena keren, macho, energik dan lainnya.

Sama halnya dengan pecinta musik lainnya, pecinta musik POP terinspirasi dari seorang musisi yang mereka kagumi hingga mereka memilih musik POP sebagai musik favoritnya. Kebanyakan sumber kami beralasan bahwa musisi bergenre POP itu cakep, keren, cool dan lain sebagainya. Selain menggandrungi musiknya, pecinta musik POP juga mengadopsi gaya hidup musisi idolanya. Mulai dari fashion hingga kegiatan sehari-hari mereka.

HOBI


Musik adalah hobi dari pecinta musik ROCK. Entah itu mendengarkan maupun memainkan musik. Dan kebanyakan musik yang mereka dengar dan mainkan adalah musik ROCK itu sendiri. Mereka bahkan mengaggap musik selain ROCK adalah musik cupu, cemen, lemah dan sebagaianya. Idealisme tersebut mungkin muncul dari karakter mereka dan karakter musik ROCK sendiri. Dari beberapa sumber kami, mereka bermain musik karena musik ROCK. Namun ada beberapa juga yang justru sebaliknya, mereka menyukain musik ROCK karena bermain musik.

Pecinta musik POP memiliki hobi mendengarkan musik. Tak jarang dari mereka juga hobi memainkan musik. Karena pecinta musik POP memiliki karakter yang terbuka, mereka masih mau mendengarkan semua jenis musik yang menurut mereka bagus dan catchy. Namun menilik dari karakter dan kepribadian mereka, musik POP masih menjadi favorit mereka.

LINGKUNGAN


Para pecinta musik ROCK biasanya tinggal di dalam lingkungan yang mengemari musik ROCK. Selain dari orang tua, teman, kerabat dan komunitas sangat mempengaruhi. Terutama mereka yang hidup di dalam lingkungan yang keras dan bebas. Otomatis, jiwa ROCK akan tumbuh di dalam diri mereka.

Sebenarnya faktor lingkungan tidak terlalu berpengaruh terhadap pemilihan musik pecinta POP. Dikarenakan musik POP sendiri adalah musik yang populer dan dapat diterima oleh siapa saja tanpa melihat golongan tiap individu. Tetapi, beberapa sumber kami mengatakan bahwa mereka mulai menggemari musik POP sejak kecil. Mereka terbiasa mendengar musik POP yang diputar oleh orang tua, teman serta lingkungan di sekitar mereka.

KESIMPULAN


Ada istilah yang menyebutkan "musik adalah jiwa." Itulah sebabnya pemilihan jenis musik sangat berpengaruh terhadap aspek-aspek kehidupan manusia, termasuk dalam penerapan di kehidupan sehari-hari.

Apakah genre musik yang anda sukai? ROCK atau POP? Atau yang lainnya?

Apapun itu genre musik favorit anda, semoga membawa dampak positif untuk kehidupan anda.

Related Posts

No comments:

Post a Comment