Plus Minus: SEBELUM Dan SESUDAH Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi saat ini dirasa sangat banyak membantu umat manusia. Alat-alat canggih dan fitur-fitur yang memudahkan keperluan sehari-hari manusia telah berkembang dengan sangat pesat. Namun, tidak semua manusia beranggapan serupa. Sebagian dari mereka beranggapan bahwa teknologi justru membawa efek negatif terhadap umat manusia.


Ketergantungan manusia terhadap teknologi semakin terasa sekarang ini. Hampir seluruh elemen masyarakat di penjuru dunia sudah merasakan kemudahan yang di berikan oleh kecanggihan teknologi itu sendiri. Mulai dari komunikasi, transportasi, hiburan, hingga keperluan sehari-hari umat manusia telah terjamah oleh teknologi.

Tetapi, kemudahan dan kecanggihan tersebut tidak melulu membawa dampak positif bagi sebagian orang. Mereka justru semakin tertekan dengan adanya teknologi tersebut. Hal ini dikemukakan oleh sebagian sumber kami yang rata-rata berusia senja. Mereka bahkan merasa kehidupan tidak lagi semudah zaman sebelum teknologi ada seperti sekarang ini. Salah satu hal yang mereka khawatirkan adalah individualistis umat manusia yang semakin besar dari waktu ke waktu.

Untuk itu team-loox akan mencoba mengurai plus dan minus dari sebelum dan sesudah perkembangan teknologi yang di rangkum dari pendapat berbagai sumber kami.

Sebelum vs Sesudah Teknologi
Sebelum vs Sesudah Teknologi

INTERAKSI dan KOMUNIKASI


SEBELUM
SESUDAH

 +

Manusia biasa berinteraksi dengan saling bertemu dan bertatap muka. Dimana hal tersebut dapat mengurangi adanya kesalahpahaman satu sama lain.
Membuat manusia dengan mudah berkomunikasi dengan siapapun tanpa dbatasi oleh jarak dan waktu


-


Untuk dapat berkomunikasi dengan kerabat atau sanak saudara yang berada berada di tempat atau daerah yang jauh, manusia membutuhkan waktu yang cukup lama dan memakan biaya yang cukup besar.
Sering terjadi kesalahpahaman antar satu sama lain dalam berinteraksi. Selain itu teknologi saat ini menjadi candu bagi umat manusia dimana hal tersebut justru membuat manusia mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

PENDIDIKAN



SEBELUM
SESUDAH



 +


Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia di zaman sebelum teknologi berkembang seperti sekarang ini adalah para pekerja keras dan seorang yang rajin dan tekun. Mereka rela menghabiskan waktu dan tenaga untuk mencari ilmu dan pengetahuan.
Untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan saat ini sangatlah mudah. Hanya cukup menuliskan sesuatu yang ingin mereka pelajari di aplikasi maupun software yang saat ini sudah sangat berkembang, mereka telah mendapatkan ilmu tersebut kapanpun dan dimanapun




-



Waktu dan biaya yang dibutuhkan menjadi kendala umat manusia saat itu untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Banyak orang yang harus menempuh jarak yang sangat jauh untuk menempuh ilmu. Itupun disertai dengan biaya yang tidaklah murah.
Kemudahan teknologi membuat manusia menjadi malas, termasuk dalam mencari ilmu. Mereka juga sering tidak fokus dalam mempelajari sesuatu karena banyaknya fitur yang dihadirkan oleh teknologi dimana membuat manusia justru semakin bingung dalam menentukan apa yang harus mereka pelajari.

INFORMASI



SEBELUM
SESUDAH



+


Informasi yang di dapatkan manusia saat itu sangatlah jarang. Tapi justru itu yang membuat manusia di zaman tersebut hidup lebih tenang dan tentram. Mereka tidak disibukkan dengan informasi yang justru menguras waktu dan pikiran mereka
Hadirnya teknologi membuat manusia kenyang akan informasi. Mulai dari hal kecil sampai informasi penting pun dengan mudah mereka dapatkan.



-


Untuk mendapatkan atau mengirimkan sebuah informasi penting kepada kerabat atau sanak saudara yang jauh dari tempat tinggal mereka dibutuhkan waktu yang sangat lama. Sehingga mereka bisa ketinggalan informasi penting tersebut.
Semakin mudahnya manusia dalam memberikandan menerima sebuah informasi tak pelak justru semakin membuat manusia hidup dalam keresahan dan ketakutan. Dari isu miring hingga terror kerap kali mengancam kehidupan manusia.

TRANSPORTASI



SEBELUM
SESUDAH



+



Manusia biasa berjalan kaki untuk menempuh tempat yang hendak dituju. Dengan begitu mereka bakal lebih sering bersilaturahmi dengan orang-orang di sekitar dalam perjalanan mereka. Selain itu secara tidak langsung mereka telah menerapkan hidup sehat dengan berolahraga jalan kaki.
Untuk menjagkau suatu tempat dengan jarak yang cukup jauh kini manusia tak perlu lagi bersusah payah. Alat transportasi yang telah ada saat ini pun semakin canggih dari waktu ke waktu.




-



Untuk berkunjung ke suatu tempat yang sangat jauh, manusia membutuhkan waktu yang cukup lama. Kalaupun ingin mencapai tujuan dengan memangkas waktu dibutuhkan biaya yang cukup besar.
Kendaraan pribadi saat ini boleh dibilang sebagai kebutuhan pokok umat manusia. Selain kegunaannya yang sangat memudahkan, gengsi dan pamor menjadi sebagian dari faktor manusia untuk memiliki kendaraan pribadi. Pada akhirnya justru kemacetan yang timbul akibat rasa gengsi dan pamor manusia tersebut.

HIBURAN



SEBELUM
SESUDAH


+



Dalam mencari hiburan, manusia mendapatkannya dengan cara yang sederhana. Hal-hal kecil seperti berkunjung ke kebun atau kerumah kerabat maupun sanak saudara sudah menjadi hiburan bagi mereka.
Hadirnya teknologi memberikan beraneka hiburan tersendiri bagi umat manusia. Dimanapun dan kapanpun manusia dengan mudah mendapatkan hiburan dengan cara dan selera mereka masing-masing.



-



Minimnya aneka hiburan membuat manusia harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan hiburan mewah.
Beragam jenis hiburan yang diciptakan oleh kecanggihan teknologi memberikan dampak negatif yang cukup besar bagi manusia. Terutama terhadap moral dan budaya. Manusia tidak lagi bisa mengontrol hiburan mana yang layak atau tidak untuk kita tonton.

KESIMPULAN


Dibalik dampak positif dan negatif yang di sebabkan oleh perkembangan teknologi, kita bisa mengambil beberapa sisi penting. Sama seperti kita menilai orang, "ambil baiknya, buang buruknya." Begitu juga dengan teknologi.

Tidak selamanya orang "gaptek" itu negatif, atau orang yang banyak memahami teknologi itu positif. Semua ada sisi baik dan buruknya.

Untuk itu, mari kita manfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya dan seperlunya saja. Jangan biarkan teknologi mengontrol anda, tapi anda lah yang mengontrol teknologi.

Related Posts

No comments:

Post a Comment